Temukan Hal Hal Baru di Sini

Komentar

join this site

join this site

Permainan Tradisional Yang Hampir Punah



Formosus Blog – Halo gan sis gimana kabarnya? Semoga sehat selalu ya, dan selamat datang kembali di blog sederhana saya ini. Kali ini saya akan membagikan artikel berjudul Permainan Tradisional Yang Hampir Punah.

Jaman sekarang bisa dibilang jaman modern, sebab hampir dimana mana kita menemukan teknologi yang baru dan terus dikembangkan sampai saat ini.Banyak keuntungan akan teknologi ini, seperti melakukan pekerjaan lebih cepat, menghemat waktu dan lainnya.Teknologi juga memberikan pengaruh yang negatif, seperti rusaknya lingkungan, manusia lebih malas dan hilangnya budaya tradisional. Nah artikel saya kali membahas salah satu negatifnya, yaitu hampir punahnya permainan tradisional.

Semua orang pasti tidak lepas dengan yang namnya permainan, khusunya anak anak. Permainan juga memberi manfaat pada tumbuh kembangnya anak. Namun sangat disayangkan permainan sekarang sangat tidak bermutu dan lebih berbahaya terhadap anak, berbeda dengan permainan jaman dulu yang mengasah otak dan melatih untuk bersosialisasi pada diri anak anak. 

Dibawah ini sudah dirangkum beberapa permainan jaman dulu yang hampir punah di jaman sekarang ini. Anak 80 – an pasti mengenal semuanya. Yuk langsung saja cekidot...

Permainan Jaman Dulu Yang Hampir Punah :

1.       Congklak



 
Permainan ini biasanya di mainkan oleh anak perempuan. Dan hanya dimainkan oleh 2 orang, congklak biasanya terbuat dari kayu dan ataupun plastik, isi dari congklak ini disebut biji congklak yang berupa kelereng, biji bijian ataupun benda benda yang kecil. Permainan ini dapat dimenangkan jika seseorang dari pemainnya sudah mendapatkan biji yang lebih banyak dari pemain lainnya.

2.       Kelereng





Nah sekarang giliran permainan laki laki yaitu kelereng. Kelereng biasanya dimainkan oleh beberapa orang, cara memainkannya biasanya berbeda disetiap daerah(akibat kreatifitas). Disini saya akan menjelaskan saja yang paling sering dimainkan.

Awalnya kelereng diletakan di sebuah tanah yang sudah diberi lingkaran, kemudian satu persatu pemain mulai mengarahkan kelerangnya (gacok) untuk memancarkan kelereng yang ada di lingkaran. Jika ada kelereng yang keluar lingkaran pemain tersebut berhak mengambilnya. Dan jika gacok lawan mengenai gacok kita, lawan berhak untuk mengambil kelereng yang sudah dikumpulkan. Permainan ini selesai jika semua kelereng sudah keluar dari dalam lingkaran. Permainan ini dapat membantuuntuk melatih fokus, keakuratan dan strategi didalam diri kita.

3.       Petak umpet



 
Permainan ini bisa dilakukan oleh laki laki maupun perempuan. Permainan ini tidak hanya terdapat di Indonesia saja melainkan juga di negara lain. Permainan ini awalnya menyuruh untuk ber hompimpa terlebih dahulu, untuk menghasilkan salah seorang untuk berjaga. Tempat berharganya biasa disebut Hong, di sana si penjaga akan berhitung 10 lambat atau 100 cepat dengan mata ditutup, dan pemain lainnya bersiap untuk bersembunyi. Jika si penjaga mengetahui pemain yang bersembunyi maka pemain itu kalah. Dan sebaliknya, jika pemain yang bersembunyi bisa mencapai Hong maka si penjaga dinyatakan kalah.

4.       Lompat tali



 
Lompat tali adalah permainan perempuan, tapi kadang tidak sedikit laki laki juga menyukainya. Tali dari permainan ini biasanya terbuat dari karet gelang, bertujuan untuk tidak melukai pemain. Diawal permainan kita menentukan terlebih dahulu peloncat dan penjaga dengan ber hompimpa. Setelah itu peloncat akan berusaha untuk meloncati tali, jika tali tersebut berhasil dilewati peloncat maka tali akan terus dinaikan sampai pemain lelah ataupun menyerah. Jika sudah kalah atau menyerah, peloncat akan bergiliran menjadi penjaga/pemegang tali.

5.       Engklek



 
Permainan ini awalnya diharuskan untuk membuat gambar sebagai tempat bermainnya. Setelah itu pemain wajib memegang batu atau benda yang datar untuk menandai kotak. Setelah itu pemain harus menginjak/melompati kotak kotak yang sudah tergambar dengan 1 kaki. Dan tidak boleh menginjak kotak yang didalam kotaknya terdapat batu mereka.

Sebenarnya masih banyak permainan tradisional yang hampir punah, tetapi saya lebih memilih permainan permainan diatas, sebab permainan diatas sudah tidak ditemukan lagi di daerah saya. Sebagai generasi muda kita harus mengajarkan permainan permainan tersebut ke anak anak, agar permainan tersebut tidak jadi untuk punah.

Semoga artikel ini berguna untuk kalian semua dan mengingat kembali permainan jaman dahulu yang sering kita mainkan ternyata sekarang sudah hampir tidak ditemukan, sampai jumpa lagi di artikel berikutnya. Wassalam...
Tag : Game, Umum
2 Komentar untuk "Permainan Tradisional Yang Hampir Punah"

Wah ane pernah semua main itu, jadi kangen masa kecil masbro..

Back To Top